Selasa, 04 Oktober 2011

RPP VOLI

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Nama Sekolah : SMP Negeri 5 Wates
Mata Pelajaran : Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan
Materi Pokok : Bola Voli
Kelas/Semester : IX / 1 (Satu)
Alokasi Waktu : 2 x 40 menit
Standar Kompetensi : Memperaktekkan berbagai teknik dasar kedalam permainan dan olahraga serta nilai-nilai yang terkandung di dalamnya

1. KOMPETENSI DASAR
Mempraktikkan salah satu teknik dasar salah satu permainan dan olahraga beregu bola besar lanjutan serta nilai kerjasama, toleransi, percaya diri, keberanian, menghargai lawan, bersedia berbagi tempat dan peralatan

2. INDIKATOR
1. Melakukan teknik dasar passing bawah bola voli
2. Bermain dengan peraturan yang sesungguhnya untuk memupuk kejasama.

3. TUJUAN PEMBELAJARAN
1. Siswa bisa melakukan passing bawah bola voli tepat pada temannya.
2. Siswa dapat bermain bola voli dengan peraturan yang sesungguhnya untuk memupuk kerjasama

4. MATERI POKOK & URAIANNYA
1. Siswa bisa melakukan passing bawah bola voli tepat pada temannya.

5. STRATEGI PEMBELAJARAN
Metode : Demonstrasi, Komando, Latihan, Diskusi-Informasi.

6. LANGKAH – LANGKAH PEMBELAJARAN :



No Gambar Uraian Kegiatan Keterangan

1.







Pendahuluan
Siswa dikumpulkan dan dibariskan dengan format empat bershaf, yaitu posisi siswa putra di sebelah kanan siswa putri. Setelah siswa berbaris dengan rapi, kemudian guru menginstruksikan siswa untuk berhitung terlebih dahulu kemudian dilanjutkan dengan berdoa.
Untuk memastikan kondisi siswa, guru menyapa siswa terlebih dahulu, menanyakan keadaan siswa, apakah siap untuk mengikuti pelajaran Penjas kali ini, dan baru melakukan presensi.
Guru memberikan penjelasan tentang materi yang akan disampaikan.

5 menit
2.









-----------------------





Pemanasan
Pemanasan dimulai dengan menginstruksikan siswa untuk lari mengelilingi lapangan sebanyak 5 kali putaran.
Siswa dikumpulkan dan dibentuk menjadi 4 kelompok. Setiap kelompok berdiri
melingkar, dan salah satu orang dari kelompok tersebut menjadi kucing. Setelah aba-aba peluit, para siswa yang melingkar melempar bola kepada rekan yang lain dengan tangan, dan siswa yang jadi kucing harus berusaha merebut bola tersebut.
Posisi tangan saat memegang bola dan mengoper seperti posisi pass bawah yaitu memegang bola dengan 2 tangan.
Apabila bola direbut oleh kucing, maka yang mengoper bola bergantian menjadi kucing

10 menit
3.




Inti
Siswa dikumpulkan dan guru menjelaskan teknik passing bawah yang benar.
1. sikap permulaan.
a. Berdiri dengan kedua kaki di buka selebar bahu, kedua lutut dibengkok-kan, salah satu kaki agak ke depan.
b. Badan tegak dengan kedua lengan lurus ke bawah dengan berada di antara kedua lutut.
c. Satu tangan diletakkan di atas tangan lain dengan jari-jari tertutup.
Pelaksanaan:
a. Bola dipukul oleh kedua lengan diantara siku dan pergelangan tangan.
b. Kedua lengan dengan gerakan memukul tetap lurus serong ke depan atas, hingga lurus dengan bahu dan pandangan mengikuti jalannya bola.
c. Bersamaan dengan gerakan memukul kedua lutut lurus sehingga pada sikap akhir seluruh tubuh lurus.

• Setiap siswa mengambil bola satu-satu, setiap siswa latiahan passing bola dengan cara bola dipantulakan ketanah dahulu.
• Siswa dibariskan menjadi 4 saf, kemudian dibagi 2 saling berhadapan.

Latihan I:
- Siswa pada suatu sisi melempar bola ke arah siswa di depannya, dan siswa didepannya melakukan passing bawah,
- Siswa yang telah melempar dan telah melakukan pasing bergantian dengan siswa yang berada dibelakangnya.
Latihan 2
- Masih dalam formasi sebelumnya
- Siswa saling pasing setelah passing bergantian dengan siswa yang dibelakangnya.
Latihan 3
- Siswa saling berpasangan
- Siswa melakukan saling pasing dan bola melewati net.
- Siswa melakukan passing dengan bergeser sepanjang net.

20 menit
Permainan Inti :
• Permainan sederhana
- Dibentuk tim dengan 6 orang siswa
- Setiap siswa harus bisa mengembalikan bola ke daerah lawan dengan cara passing bawah
- Jika melakukan selain pasing bawah dianggap mati
Tim yang mendapat skor 10 dianggap menang 15 menit
4.














Pendinginan
- Siswa membentuk lingkaran sambil berjalan memutar, salah satu siswa memegang bola dan melemparnya ke atas lalu dia berjalan dan yang menangkap belakangnya.
- Masih dalam formasi lingkaran, siswa berjalan melingkar dengan memberikan bola pada teman yang dibelakang lewat sebelah kanan, setelah itu ganti lewat kiri.
- Siswa masih dalam formasi lingkaran tapi berhenti dan menghadap ke dalam. Siswa membungkuk dan mengayun-ayunkan tangannya kedepan – belakang, dan kesamping kanan – kiri.
Evaluasi dan Penutup
Siswa dibariskan tiga bersap kembali kemudian guru bertanya kepada siswa apakah ada pertanyaan, tanggapan atau kesulitan tentang aktivitas tadi (terkait dengan tujuan dan fungsi permainan dan lain-lain).
Kemudian jika semua siswa sudah jelas, guru segera mengintruksikan siswa untuk berhitung dan dilanjutkan dengan berdoa, baru dibubarkan.
10 menit









6. ALAT & SUMBER BELAJAR
Alat : - Peluit
- Bola voli
- Stopwatch
- Cone



Wates, Juli 2011
Mengetahui,
Guru Pembimbing Mahasiswa



Paiman, M.Or Audi Akid H.
NIP. 19690422199402 1 001 NIM.08601844098

Tidak ada komentar:

Posting Komentar