Selasa, 04 Oktober 2011

RPP BASKET

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Nama Sekolah : SMP Negeri 5 Wates
Mata Pelajaran : Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan
Materi Pokok : Bola Basket (chest pass dan bounce pass)
Kelas/Semester : VIII / 1 (Satu)
Alokasi Waktu : 2 x 40 menit
Standar Kompetensi : Mempraktikkan berbagai teknik dasar permainan olahraga dalam bentuk sederhana dan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya.

1. KOMPETENSI DASAR
Mempraktikkan variasi dan kombinasi teknik dasar bermain salah satu permainan olahraga beregu bola besar serta nilai kerjasama, kejujuran, menghargai, semangat, dan percaya diri.

2. INDIKATOR
1. Melakukan chest pass dalam bola basket secara berpasangan
2. Melakukan bounce pass bola basket secara berpasangan
3. Melakukan permainan bola basket dengan peraturan yang dimodifikasi

3. TUJUAN PEMBELAJARAN
1. Siswa dapat melakukan chest pass sejauh 5 m dengan menggunakan dua tangan secara berpasangan
2. Siswa dapat melakukan bounce pass sejauh 5 m dengan menggunakan dua tangan secara berpasangan
3. Siswa dapat melakukan permainan dengan kombinasi teknik chest pass dan bounce pass dalam bola basket dengan peraturan yang dimodifikasi.

4. MATERI POKOK & URAIANNYA
• Melakukan chest pass dengan menggunakan kedua tangan secara berpasangan
• Melakukan chest pass dengan menggunakan kedua tangan secara berpasangan
• Permainan bola basket dengan peraturan yang dimodifikasi dan hanya menggunakan teknik yang diajarkan
5. STRATEGI PEMBELAJARAN
Metode : Demonsrasi, Komando, Latihan, Diskusi-Informasi.

Langkah – Langkah Pembelajaran :

No Gambar Uraian Kegiatan Keterangan

1.







Pendahuluan
Siswa dikumpulkan dan dibariskan dengan format empat bershaf, yaitu posisi siswa putra di sebelah kanan siswa putri. Setelah siswa berbaris dengan rapi, kemudian guru menginstruksikan siswa untuk berhitung terlebih dahulu kemudian dilanjutkan dengan berdoa.
Untuk memastikan kondisi siswa, guru menyapa siswa terlebih dahulu, menanyakan keadaan siswa, apakah siap untuk mengikuti pelajaran Penjas kali ini, dan baru melakukan presensi.
Guru memberikan penjelasan tentang materi yang akan disampaikan pengembangan awal yaitu dengan menjelaskan bahwa didalam bola basket terdapat beberapa teknik dasar, diantaranya yaitu dribbling, chest pass, bounce pass, shoting dan lain-lain. Sedangkan materi yang akan diajarkan pada pertemuan kali ini adalah chest pass dan bounce pass

5 menit
2.









-----------------------









Pemanasan
Pemanasan dimulai dengan menginstruksikan siswa untuk lari mengelilingi lapangan sebanyak 5 kali putaran.
Kemudian siswa dibariskan 2 bersaf saling membelakangi. Guru menginstruksikan kepada siswa, jika terdengar bunyi peluit, siswa harus mengambil salah satu bola basket yang telah diletakkan di sebelah utara dan selatan lapangan, siswa yang kurang cepat dalam mengambil dan mengembalikan bola, harus bersalaman atau mengucapkan selamat kepada yang siswa menang tadi.
10 menit
3. Inti
Guru menerangkan cara memegang bola basket, kemudian cara melakukan chest pass dan bounce pass
1. Memegang bola basket adalah sikap tangan membentuk mangkok besar. Bola berada di antara kedua telapak tangan. Telapak tangan melekat di samping bola agak ke belakang, jari-jari terentang melekat pada bola. Ibu jari terletak dekat dengan badan di bagian belakang bola yang menghadap ke arah tengah depan. Kedua kaki membentuk kuda-kuda dengan salah satu kaki di depan. Badan sedikit condong ke depan dan lutut rileks.
2. Mengoper atau melempar bola terdiri atas tiga cara yaitu melempar bola dari atas kepala (over head pass), melempar bola dari dari depan dada (chest pass) yang dilakukan dari dada ke dada dengan cepat dalam permainan, dapat dilakukan dengan awalan atau salah satu kaki di depan dan tanpa awalan. Serta melempar bola memantul ke tanah atau lantai (bounce pass) yang juga dapat dilakukan dengan awalan atau salah satu kaki di depan dan tanpa awalan. Dan dalam pelajaran kali ini akan diajarkan chest pass dan bounce pass.
3. Dalam menangkap bola harus diperhatikan agar bola berada dalam penguasaan. Bola dijemput telapak tangan dengan jari-jari tangan terentang dan pergelangan tangan rileks. Saat bola masuk di antara kedua telapak tangan, jari tangan segera melekat ke bola dan ditarik ke belakang atau mengikuti arah datangnya bola atau gerak lanjutan untuk menghindari cidera. Menangkap bola (catching ball) terdiri dari dua macam cara yaitu menangkap bola di atas kepala dan menangkap boka di depan dada.

















Siswa dibariskan dua bersyaf, siswa yang berada pada baris pertama diberikan tugas untuk mengambil bola basket.
Kemudian siswa dibariskan dua syaf kembali dengan jarak dua meter dan saling berhadapan, sap pertama memegang bola. Kemudian siswa diberikan intruksi sebagai berikut:
1. Siswa melakukan chest pass secara berpasangan di tempat
2. Siswa melakukan bounce pass secara berpasangan di tempat
3. Siswa melakukan chest pass secara berpasangan sambil bergerak
4. Siswa melakukan bounce pass secara berpasangan sambil bergerak
5. Siswa melakukan chest pass secara berpasangan sambil bergerak dan jika sudah mendekati ring basket melakukan shooting
6. Siswa melakukan bounce pass secara berpasangan sambil bergerak dan jika sudah mendekati ring basket melakukan shooting


25 menit

Permainan Inti :
1. Siswa bermain basket dengan peraturan yang dimodifikasi, yaitu peraturan bermain dengan menggunakan teknik chest pass, bounce pass, dan shooting.
20 menit
4.














Pendinginan
Siswa berbaris membentuk lingkaran, guru menginstruksikan supasa siswa merantingkan bola kepada temanya searah jarum jam dari samping, atas dan bawah. Sehingga sikap siswa seperti pada gambar di samping.
Masih dalam posisi yang sama, siswa disuruh untuk bermain lempar tangkap bola di tempat dengan ketentuan siswa yang menerima bola harus menyebutkan nama buah. Siswa yang tidak bisa menyebutkan nama buah maka diberi hukuman untuk maju ditengah formasi lingkaran.
Evaluasi dan Penutup
Siswa dibariskan tiga bersap kembali kemudian guru bertanya kepada siswa apakah ada pertanyaan, tanggapan atau kesulitan tentang aktivitas tadi (terkait dengan tujuan dan fungsi permainan dan lain-lain).
Kemudian jika semua siswa sudah jelas, guru segera mengintruksikan siswa untuk berhitung dan dilanjutkan dengan berdoa, baru dibubarkan.
10 menit

6. ALAT & SUMBER BELAJAR
Alat : - Peluit
- Bola basket
- Stopwatch
- Cone
Sumber belajar :
Anonim.(2009).Teknik Dasar Permainan Bola Basket. http://7.sovanz.ngeblogs.com/c ategory/tulisan/teknik-dasar-permainan-bola-basket/.
Perusak, Keven A.(2007). Permainan Bola Basket. Klaten : PT Intan Sejati.

7. PENILAIAN
Teknik Penilaian
• Tes unjuk kerja (psikomotor) :
Siswa melakukan teknik melakukan chest pass dan bounce pass.
Keterangan :
Berikan penilaian terhadap kualitas unjuk kerja siswa, dengan rentang nilai antara satu sampai dengan empat.
Jumlah skor yang diperoleh
Nilai ¬¬= -------------------------------------- x 100
Jumlah skor maksimal

• Pengamatan sikap (afektif) :
Siswa melakukan teknik dasar chest pass dan bounce pass dengan peraturan yang dimodifikasi. Taati peraturan permainan, kerjasama dengan teman satu team dan tunjukkan perilaku sportif.
Keterangan :
siswa menunjukkan atau menampilkan perilaku yang diharapkan, dengan rentang nilai antara satu sampai dengan tiga.
Jumlah skor yang diperoleh
Nilai = --------------------------------------- x 100
Jumlah skor maksimal

• Kuis/embedded (kognitif):
Jawab secara ringkas atau peragakan dengan baik, pertanyaan-pertanyaan mengenai konsep gerak dalam melakukan teknik dasar chest pass dan bounce pass.
Keterangan:
Berikan penilaian terhadap kualitas jawaban peserta didik, dengan rentang nilai antara satu sampai dengan dua.
Jumlah skor yang diperoleh
Nilai = x 100
Jumlah skor maksimal

No Aspek yang dinilai Kualitas gerak
1 2 3
1. Chest pass sejauh lima meter dan tepat sasaran
2. Sikap tubuh saat melakukan chest pass
3. Bounce pass sejauh lima meter dan tepat sasaran
4. Sikap tubuh saat melakukan bounce pass
Jumlah :
Skor maksimal : 12
RUBRIK PENILAIAN UNJUK KERJA (PSIKOMOTORIK)

No Aspek yang dinilai Kualitas
1 2 3
1. Menunjukan sikap sungguh-sungguh
2. Bersikap sopan dan memperhatikan materi yang diajarkan
3. Kerjasama dan tolong menolong dengan teman
Jumlah :
Skor maksimal :9
RUBRIK PENILAIAN AFEKTIF

No Aspek yang dinilai Kualitas Jawaban
1 2 3
1. Bagaimana langkah-langkah melakukan chest pass ?
2. Bagaimana langkah-langkah melakukan bounce pass ?
Jumlah :
Skor maksimal : 6
RUBRIK PENILAIAN KOGNITIF

Cara Penilaian :


Nilai =




Wates,
Mengetahui,
Guru Pembimbing Mahasiswa



Paiman, M.Or Audi Akid H.
NIP. 19690422199402 1 001 NIM 08601244098

Tidak ada komentar:

Posting Komentar